BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 08 Mei 2011

Tugas 3 Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

  1. Apa itu Virus Komputer ?
  2. Siapa yang membuat Virus Komputer ?
  3. Jelaskan, mengapa banyak dia antara kita membuat Virus Komputer ?
  4. Bagian Komputer mana sajakah yang bisa rusak oleh serangan Virus Komputer ? Jelaskan !
  5. Bagian Hardware mana sajakah yang bisa mati gara-gara serangan Virus Komputer ?
  6. Bisakah Virus Komputer menular ke dalam tubuh manusia khususnya Si User Komputer ? Jelaskan !
  7. Bisakah Virus Komputer mempengaruhi Pikiran, Sikap, Ucapan dan Perilaku Negatif Si User Komputer ? Jelaskan !
  8. Sebutkan dan Jelaskan jenis Virus Komputer !
  9. Sebutkan Jenis Virus Komputer yang tergolong Virus Ringan !
  10. Sebutkan Jenis Virus Komputer yang tergolong Virus Menengah !
  11. Sebutkan Jenis Virus Komputer yang tergolong Virus Berat !
  12. Sebutkan dan jelaskan dampak negatif Pembuatan Virus, lalu diujicobakan di Komputer Sekolah !
  13. Bagaimanakah sikap Anda bilamana Komputer di LABKOM Sekolah Anda, hanya ada 1 (satu) Unit Komputer yang terserang Virus ?  Jelaskan !
  14. Bagaimanakah sikap Anda bilamana Komputer di LABKOM Sekolah Anda, hanya ada 2 (dua) atau lebih Komputer yang terserang Virus ?  Jelaskan !
  15. Bagaimanakah sikap Anda bilamana Komputer di LABKOM Sekolah Anda, Seluruh  Komputernya terserang Virus ?   Jelaskan !
  16. Bilamana Komputer terserang Virus, lebih arif bijaksana manakah antara Menyecan Virus dengan Install Ulang Windows, Program Aplikasi dan Pendukungnya ?   Jelaskan !
  17. Jelaskan tentang Virus Lokal  :  Definisi,  Jenis, Dampak Positif,  Dampak Negatif,  Pembuatnya,  Alasan Pembuatannya !
  18. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Lokal yang pernah menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus  sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
  19. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Lokal yang sedang menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus Sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya  !
  20. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Asing yang pernah menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus Sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
  21. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Asing yang pernah menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus Sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
  22. Sebutkan dan jelaskan tentang Deteksi Cirikhas Komputer telah terkena  Serangan Virus !
  23. Sebutkan dan jelaskan tentang Cirikhas Komputer bilamana sudah pernah kena Serangan Virus meskipun sudah discan !
  24. Virus dibuat melalui Bahasa Program Komputer (Programming), apa nama Softwarenya ?
  25. Carilah Tutorial sebanyak mungkin tentang Trik Tips Mengatasi Virus ! 
Jawaban !
1. Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

2.

3. Ada yang membuat virus karena ingin menyebarkan pesan politik, ingin mencari ketenaran, ingin mendapat pengakuan publik, mengkritik suatu institusi atau perusahaan., ataupun mereka terkadang ingin mendapat pengakuan dari komunitasnya dengan cara membuat dan menyebarkan virus komputer. Aktivitas membuat virus sama saja seperti aksi penulisan grafiti, di mana yang terbaik akan mendapatkan status yang lebih baik dari komunitasnya.Membuat virus terkadang suatu kepuasan tersendiri bagi penulisnya, dan mereka akan mendapat kekuatan dan kepopuleran di dunia maya, sementara hal ini tidak bisa mereka dapatenkan di dunia nyata.

4 Virus komputer umumnya dapat merusak software komputer dan tidak dapat secara langsung merusak hardware komputer dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory bahkan Procesor (terutama pada sistem perasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE,Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service Pack 2,Windows Vista. Efek negatif virus komputer terutama adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Real Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU dengan versi kernel dibawah 1.4 (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9,Mac Os x (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak hardware dan sejenisnya. Service Pack 1 ) bahkanGNU/Linux


5 Monitor, CPU, Printer, Plotter, dan audio

6 Tidak, karena virus tersebut hanya menyerang data piranti lunak saja,tidak bisa menyerang user.

7 Tidak, karena virus tersebut hanya menyerang data piranti lunak saja, tidak bisa menyerang user.

8. Virus komputer sendiri adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Namun, bila dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

* Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
* Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
* Hacking - merupakan serangan langsung dari hacker terhadap komputer pengguna yang mengakses laman internet tertentu, dengan atau tanpa program bantuan yang telah disisipkan di komputer pengguna.
* Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
* Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
* Rogue dan Ransomware - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut.
* Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
* Polymorphic Virus Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
* Virus Telepon Seluler - merupakan virus yang khusus berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

9. Virus ringan adalah sejenis virus komputer yang menyebabkan aplikasi ataupun fitur ponsel tidak dapat digunakan semestinya. Ponsel juga telah menggunakan sistem operasi terbuka sehingga aplikasi buatan pihak ketiga bisa melengkapi kecanggihan dari fungsi standar pabrikan. Sistem operasi terbuka inilah yang akhirnya menjadi celah bagi masuknya program jahat seperti virus, worm, dan juga Trojan horse. Biasanya virus disamarkan dalam bentuk yang menarik seperti game ataupun gambar. Supaya lebih menarik lagi, permainan ataupun gambar tersebut diselipkan kata-kata yang vulgar.

10. Conficker C. Tanpa bantuan Lembaga Survei manapun, tentunya para pengguna komputer sepakat bahwa Conficker merupakan virus jawara yang paling banyak menyebar di dunia, terumasuk Indonesia. Virus ini secara de facto telah membuat pusing semua pengguna komputer, khususnya administrator jaringan karena kemampuannya menyebar di jaringan dengan sangat efektif dan untuk membasmi virus ini sangat sulit. Untuk mengeyahkan Conficker dari komputer yang terinfeksi sangat sulit karena ia menempel pada proses Windows svchost yang jika di stop akan menyebabkan komputer restart. Jadi sekali menginfeksi komputer.

11. Jenis virus berat:
a.Storm Worm
Muncul tahun 2006, disebut “Storm Worm” karena menyebar via email dengan judul “230 dead as storm batters Europe”. Storm worm adalah program Trojan house. beberapa versinya bisa buat komputer menjadi bots. Atau biasa digunakan hacker untuk spam mail melalui internet.
b. Leap-A/Oompa- A
Mac yang mempunyai konsep security through obscurity yakin tidak akan terserang virus karena OS nya sistem tertutup. Tapi tahun 2006, virus Leap-A atau biasa disebut Oompa-A muncul. Menyebar lewat iChat pada Mac. Setelah Mac terserang, virus itu akan mencari kontak melalui iChat dan kirim pesan ke setiap kontak itu. Pesannya itu berisi file corrupt yang berbentuk JPEG. Memang tidak berbahaya, namun hal ini menyatakan bahwa masih mungkin akan ada virus berbahaya yang menyerang MAC.
c. Sasser and Netsky
Penciptanya anak Jerman umur 17 tahun, Sven Jaschan. Sasser menyerang Microsoft Windows. Sasser ini tidak menyebar via email. Tapi jika satu komputer koneksi ke komputer yang kena virus ini. Virus ini membuat komputer tidak bisa di-shutdown tanpa cabut power. Netsky menyebar melalui email dengan 22 Kb attachment file dan jaringan Windows. Bisa membuat serangan DoS. Sven Jaschan tidak dipenjara hanya diberi masa percobaan 1 taon 9 bulan, karena umurnya masih di bawah 18 taon.
d. MyDome (Novarg)
Mulai menyerang tanggal 1 Februari 2004, virus ini buat backdoor di OS. Pertama kali tanggal 1 itu mulai DDoS. Kedua, tanggal 12 Feb, virus ini berhenti menyebar dan mulai buat backdoors. MyDoom menyebar via email, selain itu selalu search di search engines, seperti Google mulai menerima jutaan permintaan pencarian dan membuat lambat sampai akhirnya crash. Gara2 MyDoom, Senator US Chuck Schumer mengajukan pembuatan National Virus Response Center.
e. SQL Slammer/Saphire
Muncul Januari 2003, menyebar denagn cepat lewat internet. Ketika membuat layanan ATM Bank Amerika crash, hancurnya layanan 911 Seattle, dan Continental Airlines membatalkan beberapa penerbangan karena eror check in dan tiketing.
f. Nimda
Ini juga tahun 2001, kebalikan dari kata “admiN”. Penyebarannya sangat cepat, menurut TruSecure CTO Peter Tippet, Nimda hanya butuh 22 menit buat menjadi Top Ten saat itu. Target nya server2Internet, menyebar lewat Internet. Nimda akan membuat backdoor ke OS. jadi penyerang bisa akses ke server dan berbuat apa saja Nimda juga menjadi DDoS.
g. Code Red & Code Red II
Muncul musim panas 2001, nyerang OS Windows 2000 & NT. Virusnya bakal bikin buffer penuh jadi ngabisin memori. Paling seru waktu berhubungan ama White House, semua komputer yang kena virus ini bakalan otomatis akses ke web server di White House barengan, jadi bikin overload, alias serangan DDoS. h. The Klez
Muncul tahun 2001, menyebar via email, replikasi trus kirim ke orang2 di address book. Membuat komputer tidak bisa beroperasi, bisa memberhentikan program antivirus.

12. Jika di Lab Kom ada virus, bisa membuat salah satu performa komputer jadi menurun dan menjadi rendah,selain itu jika dibiarkan terus menerus,bisa menyebabkan kerusakan total,

13. Mengambil langkah yang tepat dengan meng.instal program-program pemberantas virus dan tidak melakukan interaksi antara komputer 1 dan yang lain (yang terkena virus) sebelum komputer tersebut bersih dari virus.

14. Membersihkan virus tersebut dengan program-program yang terpercaya dan mampu mengatasi virus terberat (yang menyerang)

15. Jika memang sudah fatal, akan meng.instal ulang seluruh program di komputer tersebut. atau merepair nya.

16. Dengan cara menyecan virus tersebut dengan program-program pemberantas virus

17.
a. Virus Boot Sector
Virus yang menggandakan diri dengan cara menindih boot sector suatu disk sehingga secara otomatis virus tersebut akan berjalan saat disk tersebut booting. Jenis virus ini bersifat umum karena jumlahnya tak terbatas.
b. Virus File
Virus yang menyerang suatu file yang biasa digunakan dalam sistem operasi seperti com, exe, dan scr.
c. Virus Direct Action
virus jenis ini mampi berjalan di memori untuk menjalankan program lain guna menipu program antivirus.
d. Multi Partition Virus
Gabungan dari virus boot sector dan virus file.
e. Virus Polymorphic
Jenis virus yang cukup cerdas karena mampu mengubah struktur dirinya guna mengelabuhi antivirus yang hanya menggunakan ceksum standar.

18. Virus Boot Sector, Virus File, Virus Direct Action, Multi Partition Virus, Virus Polymorphic. Cara Mengatasi adalah Untuk menghindari virus lokal, sebaiknya gunakanlah antivirus buatan dalam negeri.

19. . Virus Boot Sector, Virus File, Virus Direct Action, Multi Partition Virus, Virus Polymorphic. Cara Mengatasi adalah Untuk menghindari virus lokal, sebaiknya gunakanlah antivirus buatan dalam negeri.

20. Virus Brain (dikenal juga dengan nama virus Pakistan) Virus yang diberi nama Tequila ini datang dari Switzerland.virus Laroux, Cara Mengatasi adalah Untuk menghindari virus asing, sebaiknya gunakanlah antivirus buatan luar negeri

21 Virus Brain (dikenal juga dengan nama virus Pakistan) Virus yang diberi nama Tequila ini datang dari Switzerland.virus Laroux, Cara Mengatasi adalah Untuk menghindari virus asing, sebaiknya gunakanlah antivirus buatan luar negeri

22. Adanya warning secara otomatis oleh program-program pemberantas virus

23. Sering mengalami hank

24. AVIRA dan SMADAV

25.Ada tips yang sangat ampuh untuk menghapus virus, jika berbagai Anti Virus yang kita gunakan sama sekali tidak berdaya melawannya ( mungkin hanya bisa mendeteksi, namun tidak bisa menghapusnya). Untuk melakukan ini diperlukan Bootable CD yang berisi minimal program File Manager, misalnya Ultimate Boot CD, BartPE dan sejenisnya. Beberapa program ada yang berbasis DOS dan sebagian lain sudah berbasis window. Atau bisa juga digunakan Linux Live CD, seperti Knoppix, UBuntu Live CD dan lainnya. Secara Umum, langkahnya sebagai berikut :
  1. Cari lokasi virus, terutama asal virus ini berjalan di komputer (induknya). Jika mengalami kesulitan, bisa dibaca artikel tentang Tips mendeteksi keberadaan Virus
  2. Setelah diperoleh, diperhatikan ( catat) keterangan seperti ukuran file, tanggalnya ( walaupun virus bisa berubah-ubah ukuran dan tanggalnya, tetapi sebagian ukuran dan tanggalnya selalu sama. Bisa dicari file yang sejenis dan dicatat lokasinya.
  3. Setelah didapat, gunakan salah satu Bootable CD dan restart komputer agar booting dari CD ( Anda mungkin perlu menyetting BIOS-nya dulu agar Boot pertama kali CD/DVD-ROM).
  4. Buka program file manager, yang tersedia. Jika windowsnya NT, XP atau diatasnya, pastikan program tersebut mendukung membaca format NTFS
  5. Cari file/ virus dan hapus atau jika masih ragu, direname saja dari *.exe menjadi *.vrs misalnya. Untuk menyakinkan, gunakan fasilitas search untuk mencari file dengan ukuran yang sama atau tanggal yang hampir sama. Jika ditemukan bisa direname
  6. Kembali restart komputer dan cek lagi

0 komentar: